Unduh Adobe Flash player

DAFTAR !! DRAWING FESTIVAL - HOW TO DRAW #1 "REIMAGINE DRAWING"

How To Draw, merupakan Festival Drawing yang akan diselenggarakan tiap 2 tahun, yang akan melibatkan semua perupa dari beragam wilayah di Indonesia. Pameran ini digagas untuk menunjukan perkembangan 'drawing' di Indonesia yang merupakan pusat kelahiran dari para seniman kontemporer di kawasan Asia Tenggara. Festival How to Draw kali ini akan mengambil tema mengenai 'REIMAGINE DRAWING' , yang dikuratori oleh Savitri P Ramadina, Kurator Muda dari Bandung.

Pameran ini akan diselenggarakan di bulan April - Mei dan Kami mengundang kawan kawan Seniman, Desainer, Perupa, Arsitek, Kriyawan dan Kriyawati, Komikus, Karikaturis, Komunitas Drawing, Para Mahasiswa, dan berbagai elemen lainnya untuk terlibat dalam perhelatan pameran nasional ini.

Jalur Keikutsertaan        :

  1. Jalur Undangan ( Undangan ditentukan oleh Dewan Kurator dan Management )
  2. Jalur Submit Karya. ( Terdapat Proses Seleksi )

Proses Keikutsertaan    : 


          Pendaftaran Peserta Pameran : 3 Januari 2014 - 3 Maret 2014
Tak ada batasan Usia, Latar Belakang, maupun Daerah domisili untuk para calon Peserta Pameran. Pendaftaran dikenakan biaya Rp.30.000 sebagai biaya awal,  dan akan mendapatkan diskon pembelian di www.medialukis.co sebesar 20% untuk 1 x pembelanjaan yang berlaku hingga tanggal 3 Maret 2014. Biaya pendaftaran dikirim ke rekening medialukis, atas nama : Artemedia Hidayat Indonesia,
BCA : 008 3045. 237
MANDIRI : 13000-12190-685
BNI 02579 - 61278
BRI 0005 - 01 - 001491 - 307

Kami sarankan anda menambahkan angka unik di belakang jumlah transfer, Contoh : Rp. 30.000 dapat ditambahkan Rp.30.026, agar berbeda dari jumlah pengirim lainnya. Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran di link berikut : http://tiny.cc/nr0t8w

Anda harus melakukan konfirmasi untuk mempermudah pendataan dan mengambil hak anda dalam program diskon ini. Program diskon ini tidak berlaku bagi Produk WINSOR & NEWTON.

Ketentuan Karya ( Bagi Jalur Submit Karya )


Untuk Karya 2 Dimensi, tinggi maksimal karya ialah 200cm, dengan lebar maksimal 200cm. Untuk Frame, kami merekomendasikan penggunaan lembar akrilik untuk menggantikan lembar kaca yang biasa digunakan pada frame. Hal ini untuk mengamankan karya saat pengiriman, juga mengurangi beban ketika karya di gantung. Sedangkan untuk karya 3 Dimensi ataupun Instalasi, diharapkan calon peserta berkordinasi dengan panitia penyelenggara terkait dimensi ruang yang dapat digunakan. Tiap pendaftar berhak mengirimkan maksimal 3 judul karya.

Submit Foto Karya : 1 Februari - 3 Maret 2014


Foto karya yang dikirim, memiliki resolusi yang baik, 300dpi, dalam fotmat jpeg, dengan nama file : Nama Lengkap _ Judul Karya_Medium yang digunakan _Tahun Pembuatan.
Contoh : Latif Arasha_Garis Inagurasi_Pena diatas Akrilik_2014

Foto karya dikirim ke email : artmadilaga@gmail.com dengan judul 'HOW TO DRAW#1 - (Nama Lengkap Sesuai Nama daftar)' contoh : HOW TO DRAW#1 - LATIF ARASHA

Untuk Karya 2 Dimensi, karya didokumentasikan tanpa menggunakan Frame, untuk karya dengan ukuran karya dibawah a3, kami rekomendasikan dokumentasi menggunakan scan. Pemotretan difokuskan pada 2 hal, yakni karya keseluruhan, dan detail dari teknik yang diterapkan. Untuk Karya 3 Dimensi, pemotretan karya menyangkut semua sisi pada objek, dan untuk instalasi dijelaskan baik secara tertulis dan gambar kerja mengenai setting rencana pemasangan karya. Hindari pemotretan yang menyebabkan bidang karya memantulkan cahaya berlebih.

Penyeleksian & Pengumuman Hasil Seleksi


Penyeleksian akan dilakukan pada tanggal 4 – 8 Maret 2014, yang akan diumumkan ditanggal 10, 11, dan 12 Maret 2014. melaui web medialukis.co, Facebook medialukis, Fanpage medialukis, email, dan sms. Penyeleksian sepenuhnya dilakukan oleh Dewan Kurator, dan bersifat mutlak, tidak dapat diganggu. Bagi Peserta yang terpilih,silahkan mengisi Data Karya, Data Pribadi, dan Lainnya pada link : COMING SOON

Biaya Tambahan


Bagi mereka yang lolos penyeleksian, akan dikenakan biaya tambahan, yang digunakan untuk biaya packing dan pengembalian karya yang didasarkan pada Volume Packing, Berat, Daerah Kirim, dan Asuransi (jika diperlukan). Biaya tambahan ini akan dikordinasikan antara pihak Panitia, JNE, dan Peserta secara Terbuka. (Peserta dapat memilih jasa pengiriman lain, sejauh jasa tersebut dapat ditemukan di Kawasan Kota Bandung). Bagi peserta di Kawasan Kota Bandung, Pengembalian Karya Bisa kami antar langsung, tanpa dikenakan biaya.

Pengiriman Karya


Karya dikirim ke pihak penyelenggara :

ARTMADILAGA MANAGEMENT
Kantor LPIK ITB
Jl.Ganesha No.15, BANDUNG
JAM KERJA 09.00 WIB - 17.00 WIB

Karya harus sudah kami terima selambat lambatnya pada tanggal 29 Maret 2014, pukul 14.00 WIB.
Peserta Pameran bisa juga menyerahkan Framing kepada tenan kami, sehingga peserta pameran hanya mengirimkan Kertas / Canvas kepada kami, dan pihak Tenan kami yang akan memframe dengan biaya tambahan yang akan disepakati sebelumnya.
Ketentuan Pengiriman, silahkan klik tautan berikut : COMING SOON

Pemilihan Karya Terbaik


Festival ini bukanlah lomba Drawing, namun sebagai bentuk salah satu apresiasi kami ,  Akan ada 3 Karya terbaik yang akan dipilih, dan penghargaan karya terbaik ini khusus bagi para perupa dengan jalur keikutsertaan mensubmit karya (Non Undangan).

1 Karya terbaik akan dilipih oleh Danuh Tyas, seorang Kritikus Seni Rupa asal Bandung, yang menyelesaikan pendidikannya dari Magister FSRD ITB.
1 Karya terbaik akan dipilih berdasarkan voting pengunjung.
1 Karya terbaik akan dipilih oleh medialukis.co.

Ketiga perupa akan mendapatkan uang tunai, masing masing sebesar Rp.1.000.000 + Sertifikat dan Tropi Penghargaan, serta Produk Drawing dari medialukis.co.

PENGANTAR KURATORIAL 'REMAGINE DRAWING'


Drawing itu ‘gambar’, kata orang Indonesia; meski sebenarnya jika kita memperhatikan dalam banyak pameran seni rupa justru lebih sering disebut karya drawing, bukan karya gambar. Bukan karena tidak cinta kosakata milik sendiri, tetapi karena ‘gambar’ meliputi pula pemahaman tentang ‘citra’, ‘imaji’, dan ‘pemikiran’, maknanya begitu luas. Sedangkan dalam pemakaiannya istilah drawing bersifat lebih khusus, dimana ia merujuk pada kemampuan untuk membuat tanda yang merepresentasikan sesuatu atau sebagai instrumen untuk berkomunikasi secara visual.
Pengertian drawing kemudian mengalami percabangan. Ada drawing yang ‘artistik’: menjadi bagian dari sejarah dan obyek kajian seni rupa, dipajang di galeri atau museum sebagai bagian dari ‘seni tinggi’. Dan drawing ‘instrumental’ yang lebih merupakan grafis yang berfungsi untuk menjelaskan konsep semacam bagan anatomi ataupun rancangan mesin, meskipun pada kenyataannya Vitruvian Man atau rancangan-rancangan mesin Da Vinci disebut sebagai drawing artistik.

Tidakkah kemudian timbul kerancuan? Apakah asal sebuah drawing dibuat oleh seniman terkemuka serta merta menjadi mahakarya? Belum terbilang paham seni rupa kontemporer yang “anything goes”, apa saja bisa dijustifikasi sebagai karya seni, apalagi karya drawing. Berangkat dari pemikiran tersebut, pameran ini berupaya untuk melihat bagaimana sebenarnya drawing dimaknai oleh para pelakunya melalui pernyataan-pernyataan terhadap karya dan kredo mereka mengenai drawing yang sesungguhnya. 

Maka tantangan bagi setiap seniman yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, menciptakan pernyataan mengenai drawing itu sendiri, yang nantinya pernyataan ini akan disertakan bersamaan dengan karya yang dipamerkan. Pernyataan - pernyataan ini diharapkan mampu menghadirkan pembacaan terhadap pemikiran serta teknis drawing di ranah perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia saat ini. 

Salam Budaya, dan Selamat Berkarya :) Mohon bantuannya, untuk dibagikan dan diinformasikan pada kerabat lainnya...

INFO : 08812023970 PIN: 33269DD8, EMAIL : artmadilaga@gmail.com


Sumber :  www.medialukis.co

Selamat membaca, semoga bermanfaat :) terimakasih telah berkunjung ke sharexid.blogspot.com. Happy Blogwalking :)

0 Response to "DAFTAR !! DRAWING FESTIVAL - HOW TO DRAW #1 "REIMAGINE DRAWING""

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *